Salam RC,
blog ini di buat berdasarkan hobi saya terhadap RC, Isi blog ini akan di sadur dari semua informasi mengenai RC yang sudah ada di website-website dan dari teman-teman senior RC lainnya.
Setiap konten yang dimasukkan akan di cantumkan nara sumbernya.
RC = Radio Control
Banyak orang yang keliru dengan menyebut Remote Control, yang benar istilah disini adalah Radio Control, artinya ada suatu controllers(pengendali) dan controled(yang dikendalikan) yang menggunakan gelombang Radio, dulunya controller & controlled menggunakan gelombang AM / FM sebelum diinovasi menjadi gelombang 2,4ghz.
Banyak orang yang keliru dengan menyebut Remote Control, yang benar istilah disini adalah Radio Control, artinya ada suatu controllers(pengendali) dan controled(yang dikendalikan) yang menggunakan gelombang Radio, dulunya controller & controlled menggunakan gelombang AM / FM sebelum diinovasi menjadi gelombang 2,4ghz.
Istilah remote control juga sering disingkat menjadi “remote” saja. Remote juga sering kali mengacu pada istilah “controller”, “donker”, “doofer”, “zapper” “click-buzz”, “box”, “flipper”, “zippity”, “clicker”, or “changer”. Pada umumnya, pengendali jarak jauh digunakan untuk memberikan perintah dari kejauhan kepada televisi atau barang-barang elektronik lainnya seperti sistem stereo dan pemutar DVD. Remote control untuk perangkat-perangkat ini biasanya berupa benda kecil nirkabel yang dipegang dalam tangan dengan sederetan tombol untuk menyesuaikan berbagai setting, seperti misalnya saluran televisi, nomor trek, dan volume suara. Malah, pada kebanyakan peranti modern dengan kontrol seperti ini, remote controlnya memiliki segala kontrol fungsi sementara perangkat yang dikendalikan itu sendiri hanya mempunyai sedikit kontrol utama yang mendasar. Kebanyakan remote berkomunikasi dengan perangkatnya masing-masing melalui sinyal-sinyal infra merah dan beberapa saja melalui sinyal radio. Remote control biasanya menggunakan baterai AAA yang kecil atau AA sebagai catu dayanya.
Dengan kata lain Remote Control ga selalu menggunakan sinyal radio sebagai media komunikasi antar device, bisa Sinyal Radio, Sinyak IR ato Bluethoot…
2wd ( 2 wheels drive ) : ban yg bergerak hanya 2 ban aja yaitu belakang sbagai penggerak, mayoritas di RC touring
4wd ( 4 wheels drive ) : ban semua bergerak ,biasanya penggeraknya bermcam macam dari shaft, belt maupun dinamo. Mayoritas sistem ini ada di rc drift
RTR (ready to run) : siap pakai n tanpa tambah komponen lain
ARTR : biasanya kurang remot untuk bisa main rc
KIT : hanya chassis aja yg dijual , komponen lain dibeli terpisah seperti ban, velg, esc, servo ,remote, dll
Chassis : rangka mobil rc
esc = electronic speed control, itu yang ngatur kecepatan mobil gan.. cuma ada di rc propo gan..
receiver : electronic yang di mobil yang gunanya nerima sinyal dari remote gan..
fet : pcb, itu elektroniknya gan..
knucle : tempat nempelya velg gan..
TEU = merek / jenis ESC standard yg di kluarkan dari tamiya,… kemampuan esc ini terbatas sampai dengan motor 27t (kaleng) ato sporttune motor tamiya..
TR – RX TR=Transmiter RX=reciever X=XTAL (cristal frequensi)
differential gear : pembagi putaran roda (tenaga) dengan menggunakan planet gear tingkat kekencangannya sudah fix
receiver : electronic yang di mobil yang gunanya nerima sinyal dari remote gan..
fet : pcb, itu elektroniknya gan..
knucle : tempat nempelya velg gan..
TEU = merek / jenis ESC standard yg di kluarkan dari tamiya,… kemampuan esc ini terbatas sampai dengan motor 27t (kaleng) ato sporttune motor tamiya..
TR – RX TR=Transmiter RX=reciever X=XTAL (cristal frequensi)
differential gear : pembagi putaran roda (tenaga) dengan menggunakan planet gear tingkat kekencangannya sudah fix
ball diff : sama seperti di atas tapi menggunakan pelor2 baja, dan bisa di setel seberapa kenceng diff yg ente mau…
oneway diff: kebanyakan di touring car lansiran th 2000~2006, oneway mengartikan roda hanya bergerak 1 arah kedepan, ketika tidak ada energi maka roda akan bergerak bebas untuk kiri dan kanan masing2 bisa berbeda rotasi tergantung posisi roda,
solid oneway: semodel dgn diatas tapi ketika tidak ada tenaga yg di salurkan ke roda maka roda bergerak bebas bersamaan kiri dan kanan, di kelas touring car ini klo gak salah di perkenalkan pertama dari XRAY T2007 dengan versi multi diffnya,.. contoh lain solid oneway itu ada di QD TTDPL tuk roda depan,…
solid axel : diff terkunci mati ato 100% lock tuk kiri dan kanan baik on throtle ato pun off,… kedua roda bergerak bersamaan, eranya start dari XRAY T2007 sampai sekarang T3, dan diikuti banyak pabrikan RC lain, di posisikan di depan (tuk touring car) ato belakang tuk (drift car).. tuk kelas touring solid ato spool sangat kerasa manfaatnya tuk ngeredamm power motor brushless dan batre LiPo ..
Shafty = rc rock crawler dengan drive unit menggunakan drive shaft / kopel
MOA = Motor On Axles, rc rock crawler dgn drive unit langsung kepasang di axle / as roda.
Truggy = mobil off road dengan body pick up truk, model2 chevrolet gitu
Buggy = sama dengan truggy hanya beda bodi, pake bodi buggy, macam tamiya 4wd gitu
truggy ama buggy….bedanya adalah di panjang arm2nya…..kalo truggy lebih panjang sehingga jarak antar roda kiri – kanan jadi lebih lebar…..
jadi truggy lebih wide drpd buggy
Toe in : Ujung depan ban dekat ke chassis dibanding ujung belakang ban.
Toe out : Ujung depan ban jauh ke chassis dibanding ujung belakang ban.
Countersteer : Perputran ban belakang lebih cepat dibanding ban depan
Dog Bone : kopel, hapel. Penerus tenaga ke ban
Shaft : Propeller shaft. Mirip2 ama dog bone, tapi bisa memanjang dan memendek.
Universal shaft : Kalo yang ini ndak gitu yakin, tapi kekna sama ama definisi shaft.
Belt drive : Pengganti shaft, bedanya ia menggunakan belt sabuk sebagai penerus tenaga dan bukannya batang besi atau shaft.
Pitch = jarak antar ujung gigi gear
T = Turn, jumlah putaran kawat dlm rotor
D/R = Dual Rate, batasan steering throw untuk servo
arti huruf C pada batre= Capacity, artinya besar arus yg mampu dikeluarkan oleh battery dibanding kapasitas batere. Misal 1000maH 10C, maka arus maks = 1000×10 = 10000ma = 10ampere
FDR = final drive rasio
artinya kurang lebih rasio perputaran ban berbanding dengan putaran dinamo / motor jd misalnya FDR 5 berarti motor berputar sebanyak 5 kali penuh untuk menggerakan roda 1 putaran penuh
cara ngitungnya kurang lebih
= (spur gear / pinion ) x second gear (atau CS rasio)
CS = counter steer
istilah RC drift untuk menunjukkan posisi ban depan yg berlawanan dengan arah belok kendaraan. hal ini dpt dilakukan karena putaran ban belakang lebih cepet (over drive) atau ban depan lebih lambat (under drive)
50 : 50 = keadaan perputaran ban depan = ban belakang / 4wd
Spectrum = istilah untuk frekuensi radio / remote 2.4GHZ
pinion = gear yg melekat pada motor
Spur gear = gear yg melekat pada shaft atau pada kit belt yg berada satu axis / satu sumbu dengan pulley
FMS = Front midship X Rear midship = RMS
kondisi / lokasi dari motor atau sumber tenaga di kit elektrik..
Camber + / – = posisi ban jika dilihat dari depan atau belakang,, + (positif) jika posisi ban membentuk \—–/ – (negatif) jika posisi ban /—–\ dan 0 jika posisi ban |——-|
Caster = merupakan istilah pada kaki2. caster dpat diukur dengan derajat perbedaan antara sumbu horizontal dengan knuckle mobil..
istilah pada Motor RC
brush motor = istilah motor yang menggunakan brush
brushless = tanpa brush
4000KV 8.5T = besarnya motor sebesar 4000kilovolt dengan turn (T) sebesar 8.5 pada motor brushless 11T setara dengan 23T motor brushed
semakin besar KV dan semakin kecil T biasanya semakin kencang (speed)
semakin kecil KV dan semakin besar T biasanya semakin mempunyai torque
ankerman / anckerman = keadaan yg terjadi ketika ada perbedaan sudut belok pada roda depan kanan dan kiri…
COW = center oneway
seperti Front one way tapi biasany berada di shaft (untuk kit shaft) dan pulley (untuk kit belt)
cup joint = sambungan yg menghubungkan differential dengan unuversal shaft
indikasi A pada ESC itu melambangkan AMpere atau besarnya arus,,
biasanya disesuaikan kebutuhan power dan alokasi sumber arus listrik pada kit,,semakin gede semakin bagus…
Shafty = rc rock crawler dengan drive unit menggunakan drive shaft / kopel
MOA = Motor On Axles, rc rock crawler dgn drive unit langsung kepasang di axle / as roda.
Truggy = mobil off road dengan body pick up truk, model2 chevrolet gitu
Buggy = sama dengan truggy hanya beda bodi, pake bodi buggy, macam tamiya 4wd gitu
truggy ama buggy….bedanya adalah di panjang arm2nya…..kalo truggy lebih panjang sehingga jarak antar roda kiri – kanan jadi lebih lebar…..
jadi truggy lebih wide drpd buggy
Toe in : Ujung depan ban dekat ke chassis dibanding ujung belakang ban.
Toe out : Ujung depan ban jauh ke chassis dibanding ujung belakang ban.
Countersteer : Perputran ban belakang lebih cepat dibanding ban depan
Dog Bone : kopel, hapel. Penerus tenaga ke ban
Shaft : Propeller shaft. Mirip2 ama dog bone, tapi bisa memanjang dan memendek.
Universal shaft : Kalo yang ini ndak gitu yakin, tapi kekna sama ama definisi shaft.
Belt drive : Pengganti shaft, bedanya ia menggunakan belt sabuk sebagai penerus tenaga dan bukannya batang besi atau shaft.
Pitch = jarak antar ujung gigi gear
T = Turn, jumlah putaran kawat dlm rotor
D/R = Dual Rate, batasan steering throw untuk servo
arti huruf C pada batre= Capacity, artinya besar arus yg mampu dikeluarkan oleh battery dibanding kapasitas batere. Misal 1000maH 10C, maka arus maks = 1000×10 = 10000ma = 10ampere
FDR = final drive rasio
artinya kurang lebih rasio perputaran ban berbanding dengan putaran dinamo / motor jd misalnya FDR 5 berarti motor berputar sebanyak 5 kali penuh untuk menggerakan roda 1 putaran penuh
cara ngitungnya kurang lebih
= (spur gear / pinion ) x second gear (atau CS rasio)
CS = counter steer
istilah RC drift untuk menunjukkan posisi ban depan yg berlawanan dengan arah belok kendaraan. hal ini dpt dilakukan karena putaran ban belakang lebih cepet (over drive) atau ban depan lebih lambat (under drive)
50 : 50 = keadaan perputaran ban depan = ban belakang / 4wd
Spectrum = istilah untuk frekuensi radio / remote 2.4GHZ
pinion = gear yg melekat pada motor
Spur gear = gear yg melekat pada shaft atau pada kit belt yg berada satu axis / satu sumbu dengan pulley
FMS = Front midship X Rear midship = RMS
kondisi / lokasi dari motor atau sumber tenaga di kit elektrik..
Camber + / – = posisi ban jika dilihat dari depan atau belakang,, + (positif) jika posisi ban membentuk \—–/ – (negatif) jika posisi ban /—–\ dan 0 jika posisi ban |——-|
Caster = merupakan istilah pada kaki2. caster dpat diukur dengan derajat perbedaan antara sumbu horizontal dengan knuckle mobil..
istilah pada Motor RC
brush motor = istilah motor yang menggunakan brush
brushless = tanpa brush
4000KV 8.5T = besarnya motor sebesar 4000kilovolt dengan turn (T) sebesar 8.5 pada motor brushless 11T setara dengan 23T motor brushed
semakin besar KV dan semakin kecil T biasanya semakin kencang (speed)
semakin kecil KV dan semakin besar T biasanya semakin mempunyai torque
ankerman / anckerman = keadaan yg terjadi ketika ada perbedaan sudut belok pada roda depan kanan dan kiri…
COW = center oneway
seperti Front one way tapi biasany berada di shaft (untuk kit shaft) dan pulley (untuk kit belt)
cup joint = sambungan yg menghubungkan differential dengan unuversal shaft
indikasi A pada ESC itu melambangkan AMpere atau besarnya arus,,
biasanya disesuaikan kebutuhan power dan alokasi sumber arus listrik pada kit,,semakin gede semakin bagus…
Plus Minus Batere Lipo|NiMh:
Li-Po:
– Batre lebih awet/tahan lama dibandingkan dengan Ni-MH
– Power/ daya batre lebih kuat,contoh aja : R/C Car saat ini kan pada menggunakan Li-Po semua sehingga larinya kenceng2 gan,kl sebelumnya kan para kaskuser masi menggunakan Ni-MH ( dilihat dari lari R/C aja dah beda jauh )
– Kl Li-po tuh minus nya kl sampe kehabisan bisa kembung bahkan bisa meletus/meledak.
– Batre lebih awet/tahan lama dibandingkan dengan Ni-MH
– Power/ daya batre lebih kuat,contoh aja : R/C Car saat ini kan pada menggunakan Li-Po semua sehingga larinya kenceng2 gan,kl sebelumnya kan para kaskuser masi menggunakan Ni-MH ( dilihat dari lari R/C aja dah beda jauh )
– Kl Li-po tuh minus nya kl sampe kehabisan bisa kembung bahkan bisa meletus/meledak.
Ni-MH:
– Power/ daya tdk seberapa kuat,maka dari itu batre Ni-MH saat ini hanya dipergunakan utk batre pada Receiver sekaligus sebagai penggerak servo ( kan tdk memerlukan daya yg amat kuat )
– Dari segi ketahanan batre,Ni-MH bisa dikatakan lumayanlah. . .tp tdk sekuat Li-Po
– Kl Ni-MH itu minus nya jika setelah batre tsb di charge sampe penuh kemudian dibiarkan/ tdk dipergunakan dalam waktu yg cukup lama maka batre tsb akan menurun/habis dengan sendirinya…(itu merupakan salah satu sifat batre Ni-MH).
– Power/ daya tdk seberapa kuat,maka dari itu batre Ni-MH saat ini hanya dipergunakan utk batre pada Receiver sekaligus sebagai penggerak servo ( kan tdk memerlukan daya yg amat kuat )
– Dari segi ketahanan batre,Ni-MH bisa dikatakan lumayanlah. . .tp tdk sekuat Li-Po
– Kl Ni-MH itu minus nya jika setelah batre tsb di charge sampe penuh kemudian dibiarkan/ tdk dipergunakan dalam waktu yg cukup lama maka batre tsb akan menurun/habis dengan sendirinya…(itu merupakan salah satu sifat batre Ni-MH).
Sedikit deskripsi mengenai Lipo:
Lithium Polimer (Lipo)
Kadang-kadang bisa menjadi sulit untuk mengetahui baterai yang terbaik untuk aplikasi Anda.
Untuk R / C pesawat ada berbagai macam baterai yang tersedia dan sementara banyak mungkin sesuai dengan aplikasi Anda tujuan utama Anda adalah untuk membeli baterai yang akan;
-Berada dalam anggaran Anda
-Memiliki siklus hidup yang panjang
-Memiliki ukuran yang benar dan berat
-Memberikan waktu penerbangan terlama
-Dapat memberikan tegangan yang benar / amp (Power)
Kami berharap panduan sederhana ini membantu Anda memahami berbagai jenis LiPoly (Lithium Polymer) dan baterai yang tepat untuk model Anda.
Kadang-kadang bisa menjadi sulit untuk mengetahui baterai yang terbaik untuk aplikasi Anda.
Untuk R / C pesawat ada berbagai macam baterai yang tersedia dan sementara banyak mungkin sesuai dengan aplikasi Anda tujuan utama Anda adalah untuk membeli baterai yang akan;
-Berada dalam anggaran Anda
-Memiliki siklus hidup yang panjang
-Memiliki ukuran yang benar dan berat
-Memberikan waktu penerbangan terlama
-Dapat memberikan tegangan yang benar / amp (Power)
Kami berharap panduan sederhana ini membantu Anda memahami berbagai jenis LiPoly (Lithium Polymer) dan baterai yang tepat untuk model Anda.
Anda mungkin telah memperhatikan sekarang bahwa baterai memiliki peringkat yang berbeda, ukuran, busi, kawat, tingkat biaya dan susunan kimiawi. Lets menguraikan;
Kapasitas (mAh).
Hal ini biasanya jumlah terbesar ditampilkan pada bungkusan dan diukur dalam mAh (milliamp / jam) atau Ah (Amp / jam). Kapasitas merupakan indikator pertama dari ukuran baterai. Untuk menjaga hal-hal sederhana, pikirkan kapasitas (mAh) sebagai jumlah bahan bakar dalam tangki gas mobil Anda. Sebuah tangki kapasitas yang lebih tinggi akan menjalankan mobil Anda lebih lama. Baterai 4000 mAh akan berlangsung selama dua kali lebih lama baterai 2.000 mAh.
Baterai 2.000 mah akan (secara teori) berjalan selama 1jam jika dikeringkan pada 2.000 Milliamps konstan.
Hal ini biasanya jumlah terbesar ditampilkan pada bungkusan dan diukur dalam mAh (milliamp / jam) atau Ah (Amp / jam). Kapasitas merupakan indikator pertama dari ukuran baterai. Untuk menjaga hal-hal sederhana, pikirkan kapasitas (mAh) sebagai jumlah bahan bakar dalam tangki gas mobil Anda. Sebuah tangki kapasitas yang lebih tinggi akan menjalankan mobil Anda lebih lama. Baterai 4000 mAh akan berlangsung selama dua kali lebih lama baterai 2.000 mAh.
Baterai 2.000 mah akan (secara teori) berjalan selama 1jam jika dikeringkan pada 2.000 Milliamps konstan.
Discharge (C)
Discharge adalah jumlah daya baterai bisa ‘mendorong’ keluar dan nomor yang ditampilkan ’20C ‘adalah penggandaan kapasitas. Misalnya; Baterai 20C debit di 20 x 2.000 mAh yang 40.000 mAh atau 40Amps.
Ini merupakan nomor penting jika Anda tahu motor Anda membutuhkan tingkat daya tertentu.
Selain ini, baterai ‘Burst’ menilai suatu, yang merupakan jumlah daya baterai debit untuk waktu yang singkat, biasanya 10-20 detik. Label baterai yang khas mungkin menunjukkan 20-30C, ini berarti baterai 1000 mAh bisa debit 20.000 mAh terus-menerus atau memberikan 10-20 tiba-tiba dan singkat kedua 30.000 mAh (30A) burst kekuasaan.
Tip: ‘C’ baterai peringkat A yang lebih tinggi akan bertahan lebih lama jika dijalankan pada tingkat ‘C’ lebih rendah. Contoh: menjalankan baterai 30C maksimum 20C akan memiliki siklus hidup lebih lama daripada lari 20C 20C di setiap penerbangan.
Discharge adalah jumlah daya baterai bisa ‘mendorong’ keluar dan nomor yang ditampilkan ’20C ‘adalah penggandaan kapasitas. Misalnya; Baterai 20C debit di 20 x 2.000 mAh yang 40.000 mAh atau 40Amps.
Ini merupakan nomor penting jika Anda tahu motor Anda membutuhkan tingkat daya tertentu.
Selain ini, baterai ‘Burst’ menilai suatu, yang merupakan jumlah daya baterai debit untuk waktu yang singkat, biasanya 10-20 detik. Label baterai yang khas mungkin menunjukkan 20-30C, ini berarti baterai 1000 mAh bisa debit 20.000 mAh terus-menerus atau memberikan 10-20 tiba-tiba dan singkat kedua 30.000 mAh (30A) burst kekuasaan.
Tip: ‘C’ baterai peringkat A yang lebih tinggi akan bertahan lebih lama jika dijalankan pada tingkat ‘C’ lebih rendah. Contoh: menjalankan baterai 30C maksimum 20C akan memiliki siklus hidup lebih lama daripada lari 20C 20C di setiap penerbangan.
Tegangan (S)
Semua lithium Polymer sel dalam setiap industri memiliki tegangan nominal 3.7V per sel. Ketika terisi penuh sel LiPoly harus 4.2v dan ketika habis itu tidak boleh di bawah 3v.
Anda akan melihat bahwa LiPoly RC paket terdiri dari lapisan beberapa sel. Jika rating baterai adalah 3S ini berarti adalah 3 x 3.7V yang 11.1v. Ini memiliki 3 lapisan 3.7V masing-masing. Dengan kata lain, its a pack ’3 sel ‘.
Semua lithium Polymer sel dalam setiap industri memiliki tegangan nominal 3.7V per sel. Ketika terisi penuh sel LiPoly harus 4.2v dan ketika habis itu tidak boleh di bawah 3v.
Anda akan melihat bahwa LiPoly RC paket terdiri dari lapisan beberapa sel. Jika rating baterai adalah 3S ini berarti adalah 3 x 3.7V yang 11.1v. Ini memiliki 3 lapisan 3.7V masing-masing. Dengan kata lain, its a pack ’3 sel ‘.
Berat / Ukuran
Untuk baterai yang akan tepat untuk model Anda harus cocok dalam baterai model dan juga menyeimbangkan pesawat dengan benar.
Ini pekerjaan temporer untuk memilih baterai terbesar dan paling kuat model Anda bisa menangani, tetapi hal ini akan mengorbankan kinerja penerbangan dan jika paket tegangan Anda terlalu tinggi; menghancurkan ESC atau Motor.
Periksa dengan Anda ESC dan spesifikasi Motor untuk memastikan Anda memiliki paket tegangan kanan kemudian memeriksa model CG (Center of Gravity) untuk menentukan berat baterai yang tepat.
Untuk baterai yang akan tepat untuk model Anda harus cocok dalam baterai model dan juga menyeimbangkan pesawat dengan benar.
Ini pekerjaan temporer untuk memilih baterai terbesar dan paling kuat model Anda bisa menangani, tetapi hal ini akan mengorbankan kinerja penerbangan dan jika paket tegangan Anda terlalu tinggi; menghancurkan ESC atau Motor.
Periksa dengan Anda ESC dan spesifikasi Motor untuk memastikan Anda memiliki paket tegangan kanan kemudian memeriksa model CG (Center of Gravity) untuk menentukan berat baterai yang tepat.
LiPoly Pengisian
Selalu gunakan pengisi baterai lithium Polymer dan tidak pernah mengisi baterai di atas 4.2v per sel. (Contoh: 2S, tidak pernah di atas 8.4v)
Jangan biarkan baterai pengisian tanpa pengawasan.
Jangan pernah membiarkan tegangan baterai turun di bawah 3v per sel. (Contoh: 3S, tidak pernah di bawah 9v)
Selalu gunakan pengisi baterai lithium Polymer dan tidak pernah mengisi baterai di atas 4.2v per sel. (Contoh: 2S, tidak pernah di atas 8.4v)
Jangan biarkan baterai pengisian tanpa pengawasan.
Jangan pernah membiarkan tegangan baterai turun di bawah 3v per sel. (Contoh: 3S, tidak pernah di bawah 9v)
by dickyraharjo from kaskus.us
Spooring Roda depan:
Toe-out
Toe-out akan menstabilkan mobil di lurus, selama percepatan dan keluar dari sudut. Ini juga akan membuat mobil kurang agresif dan lebih mudah untuk mengemudi. Hal ini juga dapat meningkatkan kemudi Anda di pertengahan dan keluar dari tikungan. – 1˚ Toe-in
Toe-in akan membuat agresif dan sulit untuk mengemudi. Tapi itu akan meningkatkan memasuki sudut kemudi. 1 ˚
Netral-Toe
Untuk menyesuaikan perasaan netral kurang kaki-in. Mobil akan sedikit lebih cepat dan lebih efisien. Tapi mobil bisa tetap kurang di belakang dan yang dapat menyebabkan laptimes lebih lambat. 0 ˚
Toe-out akan menstabilkan mobil di lurus, selama percepatan dan keluar dari sudut. Ini juga akan membuat mobil kurang agresif dan lebih mudah untuk mengemudi. Hal ini juga dapat meningkatkan kemudi Anda di pertengahan dan keluar dari tikungan. – 1˚ Toe-in
Toe-in akan membuat agresif dan sulit untuk mengemudi. Tapi itu akan meningkatkan memasuki sudut kemudi. 1 ˚
Netral-Toe
Untuk menyesuaikan perasaan netral kurang kaki-in. Mobil akan sedikit lebih cepat dan lebih efisien. Tapi mobil bisa tetap kurang di belakang dan yang dapat menyebabkan laptimes lebih lambat. 0 ˚
Belakang Toe-in/Toe-out
Toe-in
T oe-in di belakang membuat mobil Anda lebih lengket di belakang dan lebih mudah untuk drive ini dapat menstabilkan mobil Anda. Tapi hati-hati, ini adalah penyesuaian yang sangat sensitif. 0 ˚– – 3.5
Toe-in
T oe-in di belakang membuat mobil Anda lebih lengket di belakang dan lebih mudah untuk drive ini dapat menstabilkan mobil Anda. Tapi hati-hati, ini adalah penyesuaian yang sangat sensitif. 0 ˚– – 3.5
Toe-out
Rear Toe-out membuat bagian belakang mobil Anda sangat stabil.Penyesuaian ini tidak pernah digunakan dan kami sarankan Anda untuk tidak menggunakannya. 1 ˚
Rear Toe-out membuat bagian belakang mobil Anda sangat stabil.Penyesuaian ini tidak pernah digunakan dan kami sarankan Anda untuk tidak menggunakannya. 1 ˚
Netral-Toe
Untuk menyesuaikan perasaan netral kurang kaki-in. Mobil akan sedikit lebih cepat dan lebih efisien. Tapi mobil bisa tetap kurang di belakang dan yang dapat menyebabkan laptimes lebih lambat.
Untuk menyesuaikan perasaan netral kurang kaki-in. Mobil akan sedikit lebih cepat dan lebih efisien. Tapi mobil bisa tetap kurang di belakang dan yang dapat menyebabkan laptimes lebih lambat.
Frequently asked question:
Apa itu RC QD?RC QD (remote control quick drive)
qd itu ga proportional
qd = quick drive dimana sistem steering maupun throtle nya itu sekali pencet udah langsung gas pol ato full beloknya ga bisa sedikit-sedikit…. susah ngertiinya?? kalo propo, bayangin aja ente nyetir mobil/motor beneran… di gas sedikit, jalannya juga pelan, di gas pol, ya ngebut tuh… kalo qd ga kayak gitu, pencet dikit ato banyak sama aja, langsung gas pol…kalo propo pengen ganti remote?? BISA asal sesuaiin sama frekuensi, ada AM/FM/2,4ghz – spektrum biasanya sih dapet TX-RX sekalian (TX=remote ; RX=receiver)[/color][/b] |
Upgrade RC QD?
Upgrade RC QD biasanya dilakukan dengan memisahkan suplay tegangan dan arus untuk dinamo dari PCB bawaan, sehingga aman apabila diberikan power batere yang lebih tinggi.
Upgrade RC QD biasanya dilakukan dengan memisahkan suplay tegangan dan arus untuk dinamo dari PCB bawaan, sehingga aman apabila diberikan power batere yang lebih tinggi.
Apa itu PCB?
Printed Circuit Board, Papan Rangkaian Tercetak. Dalam dunia RC QD, dalam papan ini terdapat rangkaian untuk radio penerima, rangkaian relay, dan rangkaian steering. Rangkaian ini memiliki tegangan kerja yang sebisa mungkin jangan dinaikkan atau diturunkan. karena akan mempengaruhi kinerja rangkaian tersebut.
Printed Circuit Board, Papan Rangkaian Tercetak. Dalam dunia RC QD, dalam papan ini terdapat rangkaian untuk radio penerima, rangkaian relay, dan rangkaian steering. Rangkaian ini memiliki tegangan kerja yang sebisa mungkin jangan dinaikkan atau diturunkan. karena akan mempengaruhi kinerja rangkaian tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar